Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan agar Hasilnya Akurat

Senin, 05 Agustus 2024 - 19:35 WIB
loading...
Ini Waktu yang Tepat...
Menimbang berat badan secara rutin merupakan bagian penting dari pemantauan kesehatan dan kemajuan program penurunan atau pemeliharaan berat badan. Foto/Marathon Handbook
A A A
JAKARTA - Menimbang berat badan secara rutin merupakan bagian penting dari pemantauan kesehatan dan kemajuan program penurunan atau pemeliharaan berat badan. Namun, hasil timbangan dapat berfluktuasi secara signifikan.

Hal ini tergantung pada berbagai faktor seperti waktu, makanan yang dikonsumsi, dan aktivitas fisik. Untuk mendapatkan hasil yang akurat dan konsisten, penting untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk menimbang berat badan .

Berikut adalah waktu yang tepat untuk menimbang berat badan dilansir dari Medical News Today, Senin (5/8/2024).

Ini Waktu yang Tepat untuk Menimbang Berat Badan agar Hasilnya Akurat





Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Timbangan


1. Konsumsi Makanan dan Minuman


Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum menimbang berat badan dapat mempengaruhi hasil timbangan. Berat badan cenderung lebih tinggi setelah makan karena makanan dan cairan yang ada dalam sistem pencernaan.

2. Aktivitas Fisik


Aktivitas fisik dapat mempengaruhi berat badan sementara. Setelah berolahraga, tubuh mungkin kehilangan cairan melalui keringat, yang bisa menyebabkan penurunan berat badan sementara.

3. Pakaian


Pakaian yang dikenakan saat menimbang berat badan juga mempengaruhi hasil timbangan. Pakaian yang lebih berat akan menambah berat badan yang tercatat.

4. Siklus Menstruasi


Pada wanita, siklus menstruasi dapat menyebabkan fluktuasi berat badan karena perubahan hormonal dan retensi cairan.

5. Waktu Hari


Berat badan dapat bervariasi sepanjang hari. Biasanya, berat badan paling rendah di pagi hari setelah bangun tidur dan buang air kecil, sebelum makan atau minum.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)